KETERAMPILAN MENULIS ARAB Teori, Studi Kasus & Praktik

0 Comments

Penulis:
Chusnia Rahmawati, M.Pd.I
M Fatkhur Rizal, S.Kom, M.MT
Dr. Lailatul Qomariyah, M.Pd

Editor:
Restu Budiansyah Rizki, M.Pd

ISBN :
Tahun: 2024
Ukuran: 15.5 X 23 cm

Buku ini merupakan panduan yang bisa digunakan untuk banyak kalangan, dimulai dari para pemerhati pendidikan seperti dosen, mahasiswa, guru bahasa Arab dan tak lupa juga siswa – siswi tingkat menengah keatas atau SMP – SMA. Buku ini sengaja dirancang untuk membantu para pembaca memahami berbagai macam teori dalam meningkatkan kemampuan menulis Arab yang sering disebut dengan Maharoh Al-Kitabah, didalamnya juga dilengkapi dengan studi kasus kegiatan pembelajaran yang diimplementasikan secara langsung di sebuah sekolah menengah atas swasta di Jawa Timur, dan pada bagian akhir dari buku ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam kegiatan peningkatan kemampuan menulis Arab dengan berbagai macam latihan dan praktik dibarengi dengan media pembelajaran berbasis QR-Code, tak lupa penulis juga memberikan contoh praktis metode pembelajaran dengan menggunakan Team Games Tournament sehingga pembaca lebih paham akan tahapan – tahapan metode ini.
Buku ini juga akan mengajak pembaca untuk memahami berbagai materi dasar bahasa Arab seperti struktur kalimat, susunan, pembagian kata dan kosakata yang diperlukan untuk menulis Arab karena untuk bisa mahir menulis Arab guru harus selalu mengadakan latihan secara terstruktur dan evaluasi yang benar. Pada bagian praktiknya buku ini berfokus pada materi tingkat menengah atas atau SMA yang mencakup materi dasar dan inti dan pada bagian inti akan dibagi ke beberapa tema yang sering muncul pada ujian akhir kelas XII. Dengan demikian, dengan adanya buku “Keterampilan Menulis Arab” ini semoga kemampuan siswa – siswi dalam praktik menulis Arab pada tingkat SMA khususnya menjadi lebih baik

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *