IMPLEMENTASI KONSEP PSIKOLOGI PENDIDIKAN PADA SATUAN PENDIDIKAN (Panduan Sekolah Ramah Anak dan Penguatan Pendidikan Karakter)

0 Comments

Penulis ;
Dr. Asriana Kibtiyah, S.Psi., M.Si
Evita Widiyati, S.Pd.I., M.Pd.
Aida Arini, M.Pd.I

Editor:
Dr. Ikhsan Gunadi, S.Pd., M.M.

ISBN : 978-623-5350-11-0
Ukuran: Unesco (15,5 x 23 cm)

Buku ini berisi panduan yang kaya akan wawasan psikologi pendidikan yang dapat membantu pengembangan sekolah yang ramah anak dan penguatan pendidikan karakter. Secara terinci buku ini juga menuntun bagaimana membangun sekolah ramah anak. Buku ini memuat Sembilan bab yang terbagi menjadi tiga bagian besar yang mencakup konsep dalam ilmu psikologi Pendidikan yang penting untuk diterapkan di dunia Pendidikan terutama satuan Pendidikan.
Aspek penting lain yang tersaji dalam buku ini adalah dalam pengembangan sekolah yang berorientasi pada pengembangan segenap potensi dan dimensi siswa. Maka menjadi penting untuk didalami oleh para guru dan manajemen sekolah dalam mewujudkan sekolah yang ramah anak dan pendidikan karakter yang mudah dan aplikatif. Selain itu, buku ini juga memberikan pemahaman kepada kita di dalam menumbuhkembangkan aspek-aspek psikologis yang memberi kontribusi penting bagi kesuksesan siswa, seperti efikasi diri, regulasi diri, menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab pada diri siswa.
Bab demi bab yang ditulis dalam buku ini berkisah tentang bagaimana membangun karakter anak, yang diikuti dengan rancangan penataan lingkungan sekolah, yang menyediakan kehangatan atmosfir yang benar-benar ramah anak. Ada yang menarik dalam buku ini, yaitu diperkenalkannya “Rapor” orang tua yang bisa difungsikan sebagai alat monitoring aktivitas orang tua, untuk mendeteksi kualitas pengasuhan orang tua dan pemahamannya terhadap esensi dan praktik pendidikan. Buku ini juga bisa menginspirasi para pelaku bidang helping profession, untuk menyelami “trik-trik” yang ditawarkan oleh penulis.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *