DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB & SKI

0 Comments

Penulis:

Dr. Fathur Rohman, M.Pd.I, Akhsinatul Kumala, M.Pd

Editor:

Dr. Siti Fa’izah, M.Pd

ISBN : 978-623-5350-01-1

Terbit: April 2022

Ukuran: A5 Unesco (15,5 x 23 cm)

Deskripsi:

Peserta didik yang saat ini hidup di era arus informasi yang semakin luas, meraka bisa mengakses sumber informasi dan sumber pelajaran dari berbagai tempat karena semakin luasnya sumber belajar yang bisa mereka akses dengan menggunakan internet menjadikan mereka tidak lagi selalu tertarik dengan penejelasan guru di kelas, sehingga model mengajar yang dulunya guru menjadi sumber belajar dominan di dalam kelas dan peserta didik pasif mendengarakan penjelasan guru, atau peserta didik hanya menjadi subyek mengerjakan soal-soal di LKS dan buku-buku.

Demikian juga model pembelajaran bahasa Arab dan Sejarah Kebudayaan Islam yang selama ini lebih dominan menjadikan guru seperti sumber ilmu di kelas atau sebagai kamus berjalan di kelas yang selalu memberi pengetahuan kepada peserta didik di kelas perlu kiranya untuk diberikan alternatif metode pembelajaran yang lebih berorientasi kepada memotivasi peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan dan keterampilan bahasa Arab dan sejarah kebudayaan Islam yang mereka pelajari ketika di kelas, atau sebuah model pembelajaran yang bisa memberi ruang peserta didik untuk menemukan (discovery) sendiri pengetahuan yang meraka pelajari dan guru hanya berperan sebagai fasilitator, pembimbing, pengarah, mengoreksi dan pemandu proses belajar peserta didiknya,. Salah satu model pembelajarannya seperti ini dikenal dengan istilah discovery learning.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *